Langkah Awal Bisnis Online Affiliate Marketing

Secara sederhana affiliate marketing merupakan model bisnis penjualan berbasis komisi yaitu bisnis perantara/ makelar digital dengan mendapatkan imbalan berupa komisi. Tugas dari makelar digital mencari pembeli dan membawanya ke pemilik produk atau toko online dari produk tersebut.

Setelah transaksi makelar digital akan mendapatkan komisi yang besarnya sesuai dengan kesepakatan awal dengan pemilik produk. Biasanya komisi yang ditawarkan cukup besar yaitu 50% – 50% atau 70% – 30%.

Langkah awal untuk memulai bisnis affiliate marketing ini, kita bisa mendaftar sebagai affiliate marketer dari sebuah Vendor Produk (merchant) untuk mendapatkan ID afiliasi. Merchant ini bisa berupa perusahaan maupun individu.

Selanjutnya kita mendapatkan sebuah Link Afiliasi yang berisi link URL alamat website milik si pemilik produk, pada link tersebut sudah mengandung kode unik/ khusus ID Afiliasi kita. Ketika kita menyebarkan/ mempromosikan link tersebut, siapapun yang mengakses melalui link kita kemudian melakukan transaksi pembelian, maka kita mendapatkan komisi.

Beberapa contoh merchant afiliasi perusahaan =>> Ratakan.com, Idaff.com, JVzoo.com, Amazon.com, Lazada.co.id, ClickBank.com, dll masih banyak..:)

Affiliate marketing bisnis online yang cukup mudah untuk dijalankan terutama bagi pemula, banyak peminatnya karena bisa mendatangkan passive income. Passive income atau penghasilan pasif akan bisa kita nikmati setelah memiliki website afiliasi.

Kemudian yang kita lakukan mengirim traffic pengunjung melalui link afiliasi kita ke website pemilik produk tersebut. Selanjutnya pemilik produk / jasa akan menangani pemesanan secara otomatis/ secara langsung.

Langkah singkatnya menjadi affiliate marketer :

  • Tentukan produk yang akan kita. Kenali dan pelajari detail produk tersebut.
  • Daftarkan diri sebagai affiliate marketer.
  • Buatlah website afiliasi.
  • Promosikan link afiliasi kita (bisa di website dan media social lain, intinya terserah kita mau promosikan di media mana yang kita kuasai).

Sedikit Tips Menjadi Affliate Marketing :

Buat website khusus untuk promosi produk afiliasi. Sebenarnya kita tidak harus membuat website, biasanya kita sudah dibekali landing page dari pemilik produk. Tinggal kita promosikan link afiliasi. Jika ingin lebih professional dan maksimal tentunya website wajib, kita bisa membuat link khusus produk afiliasi, untuk menangkap target market yang lebih spesifik.

Berikan Produk Gratis. Ebook gratis, ya ebook gratis! Kita bisa membuat dan membagikan produk gratis kepada pengunjung website kita. Hal ini untuk membangun list building dan menyisipkan link afiliasi kita di ebook gratis tersebut. Pilihlah produk gratis yang terkait dengan produk afiliasi yang kita promosikan.

Mendatangkan Trafik Target. Buatlah konten/ artikel yang berkualitas dan unik dalam tampilan di website. Terutama yang masih berkaitan dengan produk afiliasi kita. Sehingga pengunjung yang datang betah dan akan kembali lagi berkunjung ke website kita, dengan harapan tertarik membeli produk yang kita tawarkan.

Review Produk. Review produk berupa ulasan produk afiliasi yang kita tawarkan, sisipkan link afiliasi didalamnya. Tulislah secara JUJUR kelebihan dan kekurangan serta manfaat dari produk yang kita tawarkan. Sehingga calon customer kita bisa menimbang, berfikir dan memutuskan untuk membeli atau tidak.

Sudah kebanyang kan, langkah awal memulai bisnis online Affiliate Marketing?

Selamat berfikir dan menimbang, jika masih bimbang ISTIKHARAHLAH…

Apapun usaha atau bisnis yang kita pilih, selalu awali dengan BASMALLAH, INSYAALLAH berkah…

Silakan kirim pertanyaan di kolom komentar jika ada yang kurang jelas, atau bisa hubungi saya di akun FB saya >>di sini<<

Boleh untuk di share…:)

Salam Sukses Untuk Anda.


3 tanggapan untuk “Langkah Awal Bisnis Online Affiliate Marketing

    • 17 April 2017 pada 19:27
      Permalink

      Trimakasih mbak yu..:)

      Balas
  • 23 Februari 2018 pada 17:23
    Permalink

    makasih banyak…. semoga diriku yg newbie ini bisa mengikuti jejak org yg kaya dari bisnis afiliasi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...